Jumat, 04 November 2016

Laporan Prakerin di SETDA Kab. Rembang

LAPORAN
PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI
(PRAKERIN )
DI KANTOR   SEKRETARIAT  DAERAH REMBANG

 


  Tanggal 2 Mei 2016 – 13 Agustus 2016
Laporan ini dibuat sebagai salah satu syarat telah mengikuti Prakerin
Disusun Oleh :
Nama                                      : Rif’atunnisa’ Salsabillah
NIS                                         : 4444
Kelas                                      : XIl
Kompetensi Keahlian             : Administrasi Perkantoran



LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU LASEM
SMK NU LASEM
PROGRAM KEAHLIAN  ADMINISTRASI PERKANTORAN
2016

LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN
PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN )
                        DI KANTOR KECAMATAN SEKRETARIAT REMBANG                       

Tanggal 2 Mei 2016 – 13 Agustus 2016
                                   
                                                                                                     Lasem, 13 Agustus 2016
Pembimbing DU/DI                                                     Pembimbing Sekolah
                                                           

      Anang Suhartadi, S.Hut, M.Si                                               Sukanah,S.pd

Mengetahui,
Kepala Sekolah
SMK NU Lasem




Arif Dimyati S.Ag

KATA PENGANTAR

Dengan mengucapkan syukur alkhamdulillah atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmad dan karunia- Nya kepada penulis , sehingga penulisan Laporan Pelaksanaan Kerja Industri ( Prakerin ) di Kantor Kecamatan Sekretariat Daerah Rembang dapat terselesaikan dengan baik . Laporan ini dapat terselesaikan atas bantuan dan bimbingan dari semua pihak . Untuk itu penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut membantu dalam penyelesaian laporan ini , terutama kepada   :
1.    BapakArif Dimyati , S.Ag, Selaku Kepala Sekolah SMK NU Lasem
2.    Bapak Anang Suhartadi, S.Hut, M.Si , Selaku Pembimbing DU/DI
3.    Bu Sukanah , S.Pd , Selaku Pembimbing Sekolah
4.    Bapak / Ibu Guru SMK NU Lasem yang telah membimbing kami
5.    Seluruh Staf Karyawan Dan Karyawati SMK NU Lasem
6.    Seluruh Staf Karyawan Dan  Karyawati Kantor Kecamatan SETDA  Rembang
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa laporan ini masih jauhdari sempurna . Untuk itu kritik dan saran yang sifatnya membangun demi kesempurnaan laporan ini sangat penulis harapkan . Mudah-mudahan laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya .
                                                                                                                 


Rembang  , 13 Agustus 2016
Praktikan  ,

Rif'atunnisa' Salsabillah


BAB 1
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Dalam rangka untuk mendekatkan kesesuaian antara mutu dan tamatan pendidikan sekolah menengah kejuruan (SMK) perlu adanya dukungan dari berbagai pihak yang terkait dengan bidang keahlian yang dibutuhkn oleh lapangan kerja. Salah satu pihak yang ikut serta dalam menghasilkantamatan dan mutupendidikan yang berkualitas dan berdedikasi tinggi serta berdisiplin ilmu adalah pihak DU/DI (Dunia Usaha/Dunia Industri).
Pelajaran praktik yang didapatkan dari sekolah masih belum ada artinya jika para siswa tidak dibekali atau diberikan praktik kerja lapangan seperti yang terjadi langsung di dunia usaha/dunia industry.
Pendidikan Sistem Ganda (PSG) merupakan wahana yang paling tepat bagi para siswa untuk mengetahuidan mempraktikkan secara langsung bagaimana proses produksi yang sedang berlangsung disebuah industry, dan juga sebagai tahapan awal untuk beradaptasi sebelum nantinya para siswa bekerja setelah keluar sekolah.
Praktik Kerja Industri atau prakerin merupakan bagian dari Pendidik Sistem Ganda atau dual system. Dengan pelaksanaa Praktik Kerja Industri, secara efektif siswa mendapat kesempatan mengembangkan keterampilan kejuruan sesuai dengan studi masing-masing. Sehingga siswa diharapkan memiliki sifat professional, mengenal etos, disiplin dan etika kerja yang akan jadi bekal yang sangat berharga apabila terjun di dunia kerja kelak           
1.2 Tujuan Pelaksanaan Prakerin
Setelah melaksanakan kegiatan praktek kerja industri siswa diharapkan :
1.  Memperoleh pengetahuan dan pengalaman kerja dari dunia usaha/ dunia industri secara langsung yang tidak didapatkan dari sekolah .
2.  Memperoleh pengalaman belajar di luar sekolah sebagai tambahan dan sekaligus pembuktian secara langsung dari teori- teori dan praktik- praktik yang didapatkan dibangku sekolah .
3.  Mempersiapkan diri untuk menjadi tenaga kerja yang terampil yang memilki dedikasi , kinerja serta loyalitas yang tinggi terhadap pekerjaan , sesuai dengan program yang ditempuh d sekolah .

1.3  TujuanPembuatanLaporanPrakerin
Tujuan dari pembuatan laporan ini adalah agar para siswa dapat melatih jiwa mandiri, berani, tanggung jawab serta disiplin. Selain itu juga dapat mengkaji ilmu terapan di lapangan dengan sekolah. Adapun isi laporan yang harus disusun para siswa adalah hasil kegiatan selama PRAKERIN .

Tujuan dari pembuatan laporan tersebut antara lain adalah :
a.  UntukmengetahuiperkembangansiswaselamamengikutiPraktekKerjaIndustri
b.  Sebagaipertanggungjawabanatastugas yang diberikanSekolahkepada para siswasehubungandenganpelaksanaan PRAKERIN.
c.   MenambahperbendaharaanperpustakaanSekolahdansebagaipengetahuanbagisiswaangkatanselanjutnya.
d.  Sebagailatihanbagisiswadalammembuatsebuahlaporankegiatan.
e.  Sebagaibuktibahwasiswatelahmelakukanpraktek yang di lakukan di DUDI (DuniaIndustri).
f.    SebagaisyaratmengikutiUjian Nasional. Untukmengetahuiperkembangansiswaselamamngikutipraktek di duniausaha/industri.







BAB II
PROFIL PERUSAHAAN

2.1 Sejarah Perusahaan
Kabupaten rembang dibentuk berdasarkan UUD 13 Tahun 1950 Tentang Pembentukan daerah – daerah kabupaten dalam lingkungan provinsi jawa tengah . Adapun riwayat berdirinya kabupaten rembang sebagai berikut ini  :
Pada masa Kerajaan Majapahit, Rembang sebagai kota ataupun wilayah yang sudah berpemerintahan sendiri ataupun menjadi bagian dari suatu negara bagian Kerajaan Majapahit masih belumbisa di buktikan dengan jelas dan tepat. Hal ini di sebabkan sumber-sumber atau bukti-bukti tertulis yang menceritakan Rembang dalam aktifitas kota maupun pemerintah daerah tidak banyak di sebutkan. Berdasarkan sumber tertulis masa Majapahit, nama Rembang memang telah di sebutkan di dalam Kitab Negara Kertagama pada Pupuh XXI sebagai berikut: “…Menuruni surah melintasi sawah, lari menuju Jaladipa, Talapika, Padali, Arnon dan Panggulan langsung ke payaman, Tepasana ke arah kota Rembang sampai di kemirakan yang letaknya di pantai lautan”.
Meskipun demikian, kota-kota pantai di Pantai Utara Jawa dari beberapa sumber baik di dalam maupun dari luar telah di sebutkan eksistensinya. Antonia Pigafetta, seorang pelaut dari Italia, yang pernah mengadakan perjalanan ke beberapa tempat di Indonesia, Dalam cacatan perjalanannya pada tanggal 26 Januari sampai 11 Pebruari telah menyebutkan beberapa nama kota di wilayah itu. Olehnya di dengar kabar, bahwa kota-kota penting yang terdapat dalam ilmu bumi, yaitu Majapahit, Mentraman, Djapara, Sedayu, Gersik, Surabaya, dan Bali.25
Nama Rembang bersama-sama dengan kota-kota pantai lainnya di Jawa juga muncul dalamsumber tertulis yang berasal dari Tome Pires. Disebutkan oleh Tome Pires, (1512-1515) antara lain : Now comesjava and we mustspeak of the King within the hinterland. The land of Cherimon (Cherobaan), the land Jayapura, the land of Losari (Locari), the land of Tegal (Tegeguall), the land of Semarang (Camaram), the land of Demak (Demma), Tidunan (Tudumar), the land of Japara, the land of Rembang (Remee), the land of Tuban (Toban), the land of Sidayu (Cedayo), the land of Gresee (Agacij), the land of Surabaya (Curubaya), the land of Gamta, the land of Blambangan, the land of Pajarakan (Pajarucam), the land of Camta, the land of Panaruakan (Panarunca), the land of Chamdy, and when is ended we will speak of the great island of Madura.
Sumber lain tentang Rembang di peroleh dari sebuah manuskrip/tulisan tidak di terbitkan oleh Mbah Guru. 27 Di sebutkan antara lain :”….kira-kira tahun Syaka 1336, ada orang Campa Banjarmlati berjumlah delapan keluarga yang pandai membuat gula tebu ketika ada di negaranya……”. Orang-orang tadi pindah untuk membuat gula merah yang tidak dapat di patahkan itu, berangkatnya melalui lautan menuju arah barat hingga mendarat di sekitar sungai yang pinggir dan kanan kirinya tumbuh tak teratur pohon bakau. Kepindahannya itu di pimpin oleh kakek Pow Ie Din ; setelah mendarat kemudian mengadakan doa dan semedi, kemudian di mulai menebang pohon bakau tadi yang kemudian di teruskan oleh orang-orang lainnya. Tanah lapang itu kemudian dibuat tegalan dan pekarangan serta perumahan yang selanjutnya menjadi perkampungan itu dinamakan kampung : KABONGAN, mengambil kata dari sebutan pohon bakau, menjadi Ka-bonga-an (Kabongan). …Pada suatu hari saat fajar menyising di bulan Waisaka, orang-orang akan memulai ngrembang (mbabat, Ind : memangkas) tebu. Sebelum di mulai mbabat di adakan upacara suci Sembahyang dan semedi di tempat tebu serumpun yang akan di kepras/ di pangkas dua pohon, untuk tebu “Penganten”. Upacara pengeprasan itu dinamakan “ngRembang sakawit”…begitu tadi asal mulainya kata : “ngRembang”, sampai di jadikan nama Kota Rembang hingga saat ini.., Menurut Mbah Guru , upacara ngRembang sakawit ini di laksanakan pada hari Rabu Legi, saat dinyanyikan Kidung, Minggu Kasadha, Bulan Waisaka, Tahun Saka 1337 dengan Candra Sengkala : Sabda Tiga Wedha Isyara.





2.2  Visi dan Misi Perusahaan
A.  Visi Sekretariat Daerah Rembang sebagai berikut :
a)  Secara organisatoris , Setda mempunyai tugas pokok memberikan pelayanan yang prima kepada Bupati Rembang dan satuan kerja
b)  perangkat daerah dalam rangka mewujudkan visi dan misi Kabupaten Rembang demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat rembang .
c)  Secara fungsional , Setda adalah perangkat daerah kabupaten rembang yang memiliki tanggungjawab untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat secara profesional dalam rangka penyelenggaraan pemerintah dan perumusan kebijakan pembangunan .
d)  Mengingat kedudukannya yang sangat strategis maka sekda kabupaten rembang ikut mendukung untuk mewujudkan rembang :
a.  Rembang sejahtera yaitu terpenuhinya kebutuhan sandang, pangan, papan , kesehatan ,dan pendidikan dengan cara mudah dan murah .
b.  Rembang cerdas , yaitu memiliki SDM yang unggul , mau bekerja keras , memiliki daya saing tinggi , serta menjauhi tindak korupsi , kolusi dan nepotisme
B.  Misi  Sekretariat Daerah Rembang sebagai berikut :
a)  Mewujudkan pemerintahan yang cepat tanggap , transparan , partisipatif dan berkeadilan sesuai prinsip pemerintahan yang amanah .
b)  Membangun  kemandirian ekonomi supaya penanggulangan kemiskinan bserbasis sumbserdaya daerah , pemberdayaan masyarakat , mewujudkan kedaulatan pangan serta memperhatikan kelestarian lingkungan .
c)  Meningkatkan investasi serta mengembangkan pariwisata dan ekonomi krestif .


2.3 Struktur Organisasi
Struktur organisasi bagian Pembangunan Sekretariat Daerah
Rembang adalahsebagai berikut ini :
 

BAB III
PROSES PELAKSANAAN

3.1 Waktu Dan Tempat Pelaksanaan
Proses Praktek Kerja Industri yang dilaksanakan mulai tanggal2 Mei sampai dengan13 Agustus yang bertempat di Kantor Kecamatan Sekretariat Daerah , yang beralamat di Jl.P.Diponegoro No. 90 Rembang .

3.2 Alat Dan Bahan

1.    Laptop
2.    Buku Agenda
3.    Stopmap
4.    Disposisi
5.    Bolpoint
6.    Penggaris
7.    Tinta
8.    Spidol
9.    Staples
10. Perforator

3.3  Gambar Kerja

 3.4 Implementasi Keselamatan Kerja
Implementasi Keselamatan KerjaKeselamatan kerja di Sekretariat Daerah Rembang , sangatlah mengutamakankeselamatan kerja. Terbukti apa yang di harapkan di sekolah tentangkeselamatan kerja baik secara teori maupun secara praktek, ternyata  lebih cenderung implementasi prakteknya.
3.5 Hasil Yang Dicapai
 Se telah selesai kegiatan sesuai dengan yang di rencanakan dan yangkami susun untuk mendukung tercapainya tujuan, maka hasil yang kamicapai telah selesai berjalan lancar meskipun terdapat kendala yang di hadapi.Kami berharap dengan adanya prakerin akan memiliki keahlian profesionalsesuai kurikulum sekolah sehingga tamatan SMK di harapkan mempunyaiketrampilan, untuk terjun ke dunia kerja dan mampu bersaing di eraglobalisasi ini dan menambah wawasan bagi kami dengan adanya prakerinmemperluas mental sebelum bekerja dan mengerti bagaimana kerja danmenangani masalah dalam mendiagnosa terlebih dahulu .



BAB IV
HASIL ANALISA
4.1 Keterlaksanaan (faktor pendukung dan penghambat )
a.  Faktor Pendukung yang ada di Sekretariat Daerah Rembang  dalam pelaksanaan prakerin antara lain :
1.    Fasilitas peralatan yang sangat mendukung .
2.    Pembimbingan kepada peserta prakerin oleh pihak usaha sangat baik .
3.    Ruangan yang luas
4.    Peralatan yang memadai .
b.  Faktor penghambat
1.    Di tempat praktek kadang-kadang tidak ada pekerjaan. 
2.    Kadang pihak perusahaan terbebani dengan adanya peserta prakerin.
3.    Pemilik terkadang tidak menanggapi pertanyaan peserta prakerin
4.    Pemilik terkadang tidak memberikan solusi yang ada.

4.2  Manfaat Yang Dirasakan
Melalui pelaksanaan praktek kerja industri ( prakerin ) ada beberapa manfaatyang dirasakan antara lain :
a.  Mempraktekan teori dan praktek yang didapatkan di sekolah dalamdunia kerja.
b.  Menambah wawasan dalam dunia kerja. 
c.   Meningkatkan kedewasaan siswa. 
d.  Mengetahui seluk besuk dunia kerja.
e.  Lebih disiplin
f.    Mengetahui dalam menangani problem yang dialami dalam peaktek.
g.  Dapat mengetahui secara professional penangan service kepada pelanggan


4.3 Pengembangan / Tindak Lanjut
a.  Akan mengembangkan lagi di sekolah sesuai dengan apa yang telahdidapatkan di dunia usaha dan industry.
b.  Akan mengamalkan apa yang didapatkan di tempat praktek kepadateman-teman.
c.   Mengusulkan kepada sekolah agar meningkatkan lagi kemampuansiswa dalam menghadapi pelaksanaan prakerin.
d.  Lebih mempraktekan lagi yang didapat dalam prakerin.
e.  Bersama teman-teman mempraktekan apa yang sudah didapatkan
f.    Lebih baik dalam mengatasi masalah yang di hadapi kurikulum yang kita geluti .

BAB V
PENUTUP


5.1 Kesimpulan
Pembelajaran di dunia kerja dan industri adalah suatu strategi yangmemberi peluang kepada peserta mengalami proses belajar melalui bekerjalangsung pada pekerjaan sesungguhnya. Dengan adanya prakerin penulisdapat merasakan bagaimana pelaksanaan praktek langsung di lingkungandunia kerja yang langsung di bimbing oleh pihak perusahaan.
setelah melaksanakan prakerinselama 3 bulan dari tanggal 2 Mei sampai 13 Agustus 2015 kami dapat menyimpulkan bebrapa hal sebagai berikut :
a.  Selama pelaksanaan prakerin saya mendapatkan ilmu baru dalam mengoprasika computer.
b.  Mengenal bebrapa karakter konsumen sehingga nantinya tidak akan kagetdalam menghadapi dunia kerja .
c.   Mendapatkan pengetahuan dalam lingkup kerja yang sebenarnya.

5.2 Saran
1)  Saran untuk pihak industri.
a.    Memberikan pelayanan terbaik  untuk konsumen bagi kepuasankonsumen.
b.    Mungkin perlu di adakannya absen rutin bagi karyawan.
c.    Lebih bisa menghargai mahasiswa ataupun siswa prakerin. 

2)  Saran untuk sekolah.
1.      Memberi bekal ilmu lebih banyak kepada siswa sebelum prakerin.
2.      Lebih memperhatikan siswa yang sedang melaksanakan prakerin.
3.      Meninjau kegiatan-kegiatan apa saja yang di lakukan siswa saat melaksanakan prakerin






1 komentar:

  1. Queen of Spades Casino | Shootercasino
    Queen 카지노사이트 of Spades Casino is one of the most popular online slots at Shootercasino Casino. As 제왕 카지노 you can see below, Queen of worrione Spades slot machine

    BalasHapus