LAPORAN
PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI
(PRAKERIN )
DI
KANTOR SEKRETARIAT DAERAH REMBANG
Tanggal
2 Mei 2016 – 13 Agustus 2016
Laporan
ini dibuat sebagai salah satu syarat telah mengikuti Prakerin
Disusun
Oleh :
Nama
:
Rif’atunnisa’ Salsabillah
NIS : 4444
Kelas
: XIl
Kompetensi
Keahlian : Administrasi Perkantoran
LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF
NU LASEM
SMK NU LASEM
PROGRAM KEAHLIAN
ADMINISTRASI PERKANTORAN
2016
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN
PELAKSANAAN
PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN )
DI KANTOR KECAMATAN
SEKRETARIAT REMBANG
Tanggal
2 Mei 2016 – 13 Agustus 2016
Lasem,
13 Agustus 2016
Pembimbing DU/DI Pembimbing Sekolah
Anang Suhartadi, S.Hut, M.Si Sukanah,S.pd
Mengetahui,
Kepala Sekolah
SMK
NU Lasem
Arif Dimyati S.Ag
KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan syukur
alkhamdulillah atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmad dan
karunia- Nya kepada penulis , sehingga penulisan Laporan Pelaksanaan Kerja
Industri ( Prakerin ) di Kantor Kecamatan Sekretariat Daerah Rembang dapat
terselesaikan dengan baik . Laporan ini dapat terselesaikan atas bantuan dan
bimbingan dari semua pihak . Untuk itu penulis mengucapkan terima kasih kepada
semua pihak yang ikut membantu dalam penyelesaian laporan ini , terutama kepada
:
1.
BapakArif
Dimyati , S.Ag, Selaku
Kepala Sekolah
SMK NU Lasem
2. Bapak Anang Suhartadi, S.Hut, M.Si , Selaku
Pembimbing DU/DI
3. Bu
Sukanah , S.Pd , Selaku Pembimbing Sekolah
4. Bapak /
Ibu Guru SMK NU Lasem yang telah membimbing kami
5. Seluruh
Staf Karyawan Dan Karyawati SMK NU Lasem
6. Seluruh
Staf Karyawan Dan Karyawati Kantor
Kecamatan SETDA Rembang
Penulis
menyadari sepenuhnya bahwa laporan ini masih jauhdari sempurna . Untuk itu
kritik dan saran yang sifatnya membangun demi kesempurnaan laporan ini sangat
penulis harapkan . Mudah-mudahan laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis
khususnya dan pembaca pada umumnya .
Rembang
, 13 Agustus 2016
Praktikan
,
Rif'atunnisa' Salsabillah
BAB
1
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Dalam
rangka untuk mendekatkan kesesuaian antara mutu dan tamatan pendidikan sekolah
menengah kejuruan (SMK) perlu adanya dukungan dari berbagai pihak yang terkait
dengan bidang keahlian yang dibutuhkn oleh lapangan kerja. Salah satu pihak
yang ikut serta dalam menghasilkantamatan dan mutupendidikan yang berkualitas
dan berdedikasi tinggi serta berdisiplin ilmu adalah pihak DU/DI (Dunia
Usaha/Dunia Industri).
Pelajaran
praktik yang didapatkan dari sekolah masih belum ada artinya jika para siswa
tidak dibekali atau diberikan praktik kerja lapangan seperti yang terjadi
langsung di dunia usaha/dunia industry.
Pendidikan
Sistem Ganda (PSG) merupakan wahana yang paling tepat bagi para siswa untuk
mengetahuidan mempraktikkan secara langsung bagaimana proses produksi yang
sedang berlangsung disebuah industry, dan juga sebagai tahapan awal untuk
beradaptasi sebelum nantinya para siswa bekerja setelah keluar sekolah.
Praktik
Kerja Industri atau prakerin merupakan bagian dari Pendidik Sistem Ganda atau
dual system. Dengan pelaksanaa Praktik Kerja Industri, secara efektif siswa
mendapat kesempatan mengembangkan keterampilan kejuruan sesuai dengan studi
masing-masing. Sehingga siswa diharapkan memiliki sifat professional, mengenal
etos, disiplin dan etika kerja yang akan jadi bekal yang sangat berharga
apabila terjun di dunia kerja kelak
1.2
Tujuan Pelaksanaan Prakerin
Setelah
melaksanakan kegiatan praktek kerja industri siswa diharapkan :
1. Memperoleh pengetahuan dan
pengalaman kerja dari dunia usaha/ dunia industri secara langsung yang tidak
didapatkan dari sekolah .
2. Memperoleh pengalaman
belajar di luar sekolah sebagai tambahan dan sekaligus pembuktian secara
langsung dari teori- teori dan praktik- praktik yang didapatkan dibangku
sekolah .
3. Mempersiapkan diri untuk
menjadi tenaga kerja yang terampil yang memilki dedikasi , kinerja serta
loyalitas yang tinggi terhadap pekerjaan , sesuai dengan program yang ditempuh
d sekolah .
1.3
TujuanPembuatanLaporanPrakerin
Tujuan
dari pembuatan laporan ini adalah agar para siswa dapat melatih jiwa mandiri,
berani, tanggung jawab serta disiplin. Selain itu juga dapat mengkaji ilmu
terapan di lapangan dengan sekolah. Adapun isi laporan yang harus disusun para
siswa adalah hasil kegiatan selama PRAKERIN .
Tujuan
dari pembuatan laporan tersebut antara lain adalah :
a. UntukmengetahuiperkembangansiswaselamamengikutiPraktekKerjaIndustri
b. Sebagaipertanggungjawabanatastugas
yang diberikanSekolahkepada para siswasehubungandenganpelaksanaan PRAKERIN.
c. MenambahperbendaharaanperpustakaanSekolahdansebagaipengetahuanbagisiswaangkatanselanjutnya.
d. Sebagailatihanbagisiswadalammembuatsebuahlaporankegiatan.
e. Sebagaibuktibahwasiswatelahmelakukanpraktek
yang di lakukan di DUDI (DuniaIndustri).
f. SebagaisyaratmengikutiUjian
Nasional. Untukmengetahuiperkembangansiswaselamamngikutipraktek di
duniausaha/industri.
BAB II
PROFIL PERUSAHAAN
2.1 Sejarah
Perusahaan
Kabupaten rembang dibentuk berdasarkan UUD 13 Tahun
1950 Tentang Pembentukan daerah – daerah kabupaten dalam lingkungan provinsi
jawa tengah . Adapun riwayat berdirinya kabupaten rembang sebagai berikut
ini :
Pada
masa Kerajaan Majapahit, Rembang sebagai kota ataupun wilayah yang sudah
berpemerintahan sendiri ataupun menjadi bagian dari suatu negara bagian Kerajaan
Majapahit masih belumbisa di buktikan dengan jelas dan tepat. Hal ini di
sebabkan sumber-sumber atau bukti-bukti tertulis yang menceritakan Rembang
dalam aktifitas kota maupun pemerintah daerah tidak banyak di sebutkan.
Berdasarkan sumber tertulis masa Majapahit, nama Rembang memang telah di
sebutkan di dalam Kitab Negara Kertagama pada Pupuh XXI sebagai berikut:
“…Menuruni surah melintasi sawah, lari menuju Jaladipa, Talapika, Padali, Arnon
dan Panggulan langsung ke payaman, Tepasana ke arah kota Rembang sampai di
kemirakan yang letaknya di pantai lautan”.
Meskipun demikian, kota-kota pantai di Pantai
Utara Jawa dari beberapa sumber baik di dalam maupun dari luar telah di
sebutkan eksistensinya. Antonia Pigafetta, seorang pelaut dari Italia, yang
pernah mengadakan perjalanan ke beberapa tempat di Indonesia, Dalam cacatan
perjalanannya pada tanggal 26 Januari sampai 11 Pebruari telah menyebutkan
beberapa nama kota di wilayah itu. Olehnya di dengar kabar, bahwa kota-kota
penting yang terdapat dalam ilmu bumi, yaitu Majapahit, Mentraman, Djapara,
Sedayu, Gersik, Surabaya, dan Bali.25
Nama
Rembang bersama-sama dengan kota-kota pantai lainnya di Jawa juga muncul
dalamsumber tertulis yang berasal dari Tome Pires. Disebutkan oleh Tome Pires,
(1512-1515) antara lain : Now comesjava and we mustspeak of the King
within the hinterland. The land of Cherimon (Cherobaan), the land Jayapura, the
land of Losari (Locari), the land of Tegal (Tegeguall), the land of Semarang
(Camaram), the land of Demak (Demma), Tidunan (Tudumar), the land of Japara,
the land of Rembang (Remee), the land of Tuban (Toban), the land of Sidayu
(Cedayo), the land of Gresee (Agacij), the land of Surabaya (Curubaya), the
land of Gamta, the land of Blambangan, the land of Pajarakan (Pajarucam), the
land of Camta, the land of Panaruakan (Panarunca), the land of Chamdy, and when
is ended we will speak of the great island of Madura.
Sumber
lain tentang Rembang di peroleh dari sebuah manuskrip/tulisan tidak di
terbitkan oleh Mbah Guru. 27 Di sebutkan antara lain :”….kira-kira tahun Syaka
1336, ada orang Campa Banjarmlati berjumlah delapan keluarga yang pandai
membuat gula tebu ketika ada di negaranya……”. Orang-orang tadi pindah untuk
membuat gula merah yang tidak dapat di patahkan itu, berangkatnya melalui
lautan menuju arah barat hingga mendarat di sekitar sungai yang pinggir dan
kanan kirinya tumbuh tak teratur pohon bakau. Kepindahannya itu di pimpin oleh
kakek Pow Ie Din ; setelah mendarat kemudian mengadakan doa dan semedi,
kemudian di mulai menebang pohon bakau tadi yang kemudian di teruskan oleh
orang-orang lainnya. Tanah lapang itu kemudian dibuat tegalan dan pekarangan
serta perumahan yang selanjutnya menjadi perkampungan itu dinamakan kampung :
KABONGAN, mengambil kata dari sebutan pohon bakau, menjadi Ka-bonga-an
(Kabongan). …Pada suatu hari saat fajar menyising di bulan Waisaka, orang-orang
akan memulai ngrembang (mbabat, Ind : memangkas) tebu. Sebelum di mulai mbabat
di adakan upacara suci Sembahyang dan semedi di tempat tebu serumpun yang akan
di kepras/ di pangkas dua pohon, untuk tebu “Penganten”. Upacara pengeprasan
itu dinamakan “ngRembang sakawit”…begitu tadi asal mulainya kata : “ngRembang”,
sampai di jadikan nama Kota Rembang hingga saat ini.., Menurut Mbah Guru ,
upacara ngRembang sakawit ini di laksanakan pada hari Rabu Legi, saat
dinyanyikan Kidung, Minggu Kasadha, Bulan Waisaka, Tahun Saka 1337 dengan
Candra Sengkala : Sabda Tiga Wedha Isyara.
2.2 Visi dan Misi Perusahaan
A.
Visi Sekretariat Daerah
Rembang sebagai berikut :
a)
Secara organisatoris , Setda mempunyai tugas pokok memberikan pelayanan yang prima kepada Bupati
Rembang dan satuan kerja
b)
perangkat daerah dalam
rangka mewujudkan visi dan misi Kabupaten Rembang demi kemajuan dan
kesejahteraan masyarakat rembang .
c)
Secara fungsional , Setda adalah perangkat daerah kabupaten rembang yang memiliki tanggungjawab
untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat secara profesional dalam rangka
penyelenggaraan pemerintah dan perumusan kebijakan pembangunan .
d)
Mengingat kedudukannya
yang sangat strategis maka sekda kabupaten rembang ikut mendukung untuk
mewujudkan rembang :
a.
Rembang sejahtera yaitu
terpenuhinya kebutuhan sandang, pangan, papan , kesehatan ,dan pendidikan
dengan cara mudah dan murah .
b.
Rembang cerdas , yaitu
memiliki SDM yang unggul , mau bekerja keras , memiliki daya saing tinggi ,
serta menjauhi tindak korupsi , kolusi dan nepotisme
B.
Misi Sekretariat Daerah Rembang sebagai berikut :
a)
Mewujudkan pemerintahan
yang cepat tanggap , transparan , partisipatif dan berkeadilan sesuai prinsip
pemerintahan yang amanah .
b)
Membangun kemandirian ekonomi supaya penanggulangan
kemiskinan bserbasis sumbserdaya daerah , pemberdayaan masyarakat , mewujudkan
kedaulatan pangan serta memperhatikan kelestarian lingkungan .
c)
Meningkatkan investasi serta
mengembangkan pariwisata dan ekonomi krestif .
2.3 Struktur Organisasi
Struktur
organisasi bagian Pembangunan Sekretariat Daerah
Rembang
adalahsebagai berikut ini :
BAB III
PROSES PELAKSANAAN
3.1 Waktu
Dan Tempat Pelaksanaan
Proses Praktek Kerja Industri yang dilaksanakan mulai tanggal2 Mei sampai
dengan13 Agustus yang bertempat di Kantor Kecamatan Sekretariat Daerah , yang
beralamat di Jl.P.Diponegoro No. 90 Rembang .
3.2 Alat Dan
Bahan
1. Laptop
2. Buku Agenda
3. Stopmap
4. Disposisi
5. Bolpoint
6. Penggaris
7. Tinta
8. Spidol
9. Staples
10. Perforator
3.3 Gambar
Kerja
3.4 Implementasi Keselamatan Kerja
Implementasi Keselamatan KerjaKeselamatan kerja di Sekretariat Daerah Rembang , sangatlah
mengutamakankeselamatan kerja. Terbukti apa yang di harapkan di sekolah
tentangkeselamatan kerja baik secara teori maupun secara praktek, ternyata lebih cenderung implementasi prakteknya.
3.5 Hasil Yang Dicapai
Se telah selesai kegiatan sesuai dengan yang di
rencanakan dan yangkami susun untuk mendukung tercapainya tujuan, maka hasil yang kamicapai telah selesai berjalan
lancar meskipun terdapat kendala yang di hadapi.Kami berharap dengan adanya
prakerin akan memiliki keahlian profesionalsesuai kurikulum sekolah sehingga
tamatan SMK di harapkan mempunyaiketrampilan, untuk terjun ke dunia kerja dan
mampu bersaing di eraglobalisasi ini dan menambah wawasan bagi kami dengan
adanya prakerinmemperluas mental sebelum bekerja dan mengerti bagaimana kerja
danmenangani masalah dalam mendiagnosa terlebih dahulu .
BAB IV
HASIL ANALISA
4.1 Keterlaksanaan (faktor pendukung dan penghambat
)
a. Faktor Pendukung yang ada di Sekretariat Daerah Rembang dalam
pelaksanaan prakerin antara lain :
1.
Fasilitas peralatan yang sangat
mendukung .
2.
Pembimbingan kepada peserta prakerin
oleh pihak usaha sangat baik .
3.
Ruangan yang luas
4.
Peralatan yang memadai .
b. Faktor penghambat
1.
Di tempat praktek kadang-kadang tidak
ada pekerjaan.
2.
Kadang pihak perusahaan terbebani
dengan adanya peserta prakerin.
3.
Pemilik terkadang tidak menanggapi
pertanyaan peserta prakerin
4.
Pemilik terkadang tidak memberikan
solusi yang ada.
4.2 Manfaat
Yang Dirasakan
Melalui pelaksanaan praktek kerja industri (
prakerin ) ada beberapa manfaatyang dirasakan antara lain :
a. Mempraktekan teori dan praktek yang didapatkan di sekolah dalamdunia kerja.
b. Menambah wawasan dalam dunia kerja.
c.
Meningkatkan kedewasaan siswa.
d. Mengetahui seluk besuk dunia kerja.
e. Lebih disiplin
f.
Mengetahui dalam menangani problem yang
dialami dalam peaktek.
g. Dapat mengetahui secara professional penangan service
kepada pelanggan
4.3 Pengembangan / Tindak Lanjut
a. Akan mengembangkan lagi di sekolah sesuai dengan apa yang telahdidapatkan
di dunia usaha dan industry.
b. Akan mengamalkan apa yang didapatkan di tempat praktek
kepadateman-teman.
c.
Mengusulkan kepada sekolah agar
meningkatkan lagi kemampuansiswa dalam menghadapi pelaksanaan prakerin.
d. Lebih mempraktekan lagi yang didapat dalam prakerin.
e. Bersama teman-teman mempraktekan apa yang sudah didapatkan
f.
Lebih baik dalam mengatasi masalah yang
di hadapi kurikulum yang kita geluti .
BAB V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Pembelajaran di
dunia kerja dan industri adalah suatu strategi yangmemberi peluang kepada
peserta mengalami proses belajar melalui bekerjalangsung pada pekerjaan
sesungguhnya. Dengan adanya prakerin penulisdapat merasakan bagaimana
pelaksanaan praktek langsung di lingkungandunia kerja yang langsung di bimbing
oleh pihak perusahaan.
setelah melaksanakan
prakerinselama 3 bulan dari tanggal 2 Mei sampai 13 Agustus 2015 kami dapat
menyimpulkan bebrapa hal sebagai berikut :
a. Selama pelaksanaan prakerin saya mendapatkan ilmu baru dalam
mengoprasika computer.
b. Mengenal bebrapa karakter konsumen sehingga nantinya tidak akan kagetdalam
menghadapi dunia kerja .
c.
Mendapatkan pengetahuan dalam lingkup
kerja yang sebenarnya.
5.2 Saran
1) Saran untuk pihak industri.
a. Memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen bagi kepuasankonsumen.
b. Mungkin perlu di adakannya absen rutin bagi karyawan.
c. Lebih bisa menghargai mahasiswa ataupun siswa prakerin.
2) Saran untuk sekolah.
1.
Memberi bekal ilmu lebih banyak kepada
siswa sebelum prakerin.
2.
Lebih memperhatikan siswa yang sedang
melaksanakan prakerin.
3.
Meninjau kegiatan-kegiatan apa saja
yang di lakukan siswa saat melaksanakan prakerin
Queen of Spades Casino | Shootercasino
BalasHapusQueen 카지노사이트 of Spades Casino is one of the most popular online slots at Shootercasino Casino. As 제왕 카지노 you can see below, Queen of worrione Spades slot machine